Templates by BIGtheme NET
Home / POLITIK / Paripurna DPRD PALI Fraksi PAN Kritisi Proses Nikah Bingungkan Warga

Paripurna DPRD PALI Fraksi PAN Kritisi Proses Nikah Bingungkan Warga

Erwin Hariza Putra juru bicara pada sidang paripurna DPRD PALI

Talang ubi MO—Rapat paripurna DPRD Kabupaten PALI yang berlangsung hari ini 17/4 beberapa fraksi mengkritisi persoalan rumitnya nikah yang terjadi di bumi serepat serasan seperti farksi PAN .

Pada penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DRRD,ada satu fraksi yang menyentil ribetnya birokrasi di kementerian agama (Kemenag) Kabupaten PALI,terutama dalam pengurusan akad nikah.

 

Fraksi tersebut yakni fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam penyampaiannya oleh anggota dewan Erwin  Hariza putra menilai ribetnya pengurusan akad nikah oleh Kemenag PALI dikarenakan belum adanya peraturan yang mengikat.

 

“Masyarakat saat mengurus pernikahan terkadang kebingungan,sebab telah dihapusnya wewenang Petugas Pencatat Nikah (P2N),hingga saat ini, masyarakat yang akan menikah disarankan langsung datang ke KAU,sementara untuk menuju ke kantor KUA, masyarakat banyak keberatan mengingat jaraknya cukup jauh,” ungkap Erwin.

 

Menanggapi pandangan umum dari fraksi PAN,kepala Kemenag Kabupaten PALI Denni Priansyah menjawab usai menghadiri rapat paripurna tersebut.

“Sebenarnya tidak ribet,hanya saja setelah P2N dihapus,seluruh masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan harus melalui penghulu di KUA.Tetapi ada pengecualian,apabila jarak ke kantor KUA jauh, petugas kami akan datang tetapi sebelumnya, masyarakat yang akan menikah harus membayar biaya sebesar Rp 600.000,-.Uang tersebut harus dibayar melalui bank kemudian melaporkan bukti setoran ke pihak KUA,” jelas Denni.

Denni juga menegaskan apabila pernikahan dilangsungkan di kantor KUA,maka tidak ada beban biaya yang harus dibayar oleh masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan alias gratis.

 

“Kalau datang ke KUA ketika melakukan akad nikah,maka tidak ada biayanya atau gratis.Dan apabila ada yang memungut biaya lebih dari ketentuan ketika menikah di luar kantor KUA,maka itu diluar kewenangan kami,” tandasnya.

 

 

Print Friendly, PDF & Email

About Mahadaya Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful