Home / PALI RAYA / Miris …Miskin Papa Lagi Buta Warga Sinar Dewa Tidak Tersentuh Program Pemerintah

Miris …Miskin Papa Lagi Buta Warga Sinar Dewa Tidak Tersentuh Program Pemerintah

Talang Ubi KP / Mahadayaonline.com—Rumah berdinding papan bersusun sirih beratapkan genting lapuk nampak dinding berlobang di tambal bambu inilah kediaman keluarga Nancik bin Saud 61 tahun salah satu keluarga kurang mampu warga Kampung 1 Desa Sinar Dewa Kecamatan Talang Ubi .

Memasuki ruang tamu keluarga ini tidak terlihat televisi ataupun benda eletronik sebagaimana keluarga pada umumnya .Yang ada dipan terbuat dari kayu bulat berlantaikan bambu penuh dengan kebersahajaan .

Di sudut ruangan 4 x 4 meter inilah Nancik terbaring selama lebih sepuluh tahun tidak berdaya buta lagi lumpuh separu badan yang bisa bergerak hanya tangan dan kepala . “ dio lumpuh nian sudah dua tahun terakhir “ujar Saroja istri Nancik menuturkan .

Awal derita di alami Nancik saat akan ke dapur terpeleset kepala membentur lantai setelah kejadian itu Nancik buta dan lumpuh separu badan kejadian tersebut pada tahun 2010 , tutur Saroja saat itu mendampingi suaminya terbaring .

Berbagai pengobatan telah di lakukan namun karena keterbatasan ekonomi akhirnya Nancik pasrah sampai saat ini

Tulang punggung keluarga tidak berdaya mengharuskan Saroja bekerja mejadi menggarap karet tetangganya dengan penghasilan 90 ribu sampai 120 ribu perminggunya ,ungkapnya .Dengan penghasilan tersebut Saroja harus super hemat mengatur keuangan agar keluarga tetap dapat makan .

Beban hidup berat Saroja bukan hanya menjaga suaminya yang buta tetapi adaToni 30 tahun yang memiliki keterbelakangan mental dan si kecil Bonar yang masih duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar , miris memang .

Yang lebih miris lagi di keluarga ini belum tersentuh program KIS ,PKH atau Pra Sejahtera lainya ataupun program bedah rumah .” Sudah di laporkan kepada pemerintah Desa Sinar Dewa tapi entah sampai sekarang belum ada yang di kabulkan “,ungkapnya penuh harap .

Di tengah wabah virus corona saat ini rakyat kurang mampu banjir reski bantuan sosial mulai dari bantuan BLT , PKH ,Sembako APBN atau sembako APBD bahkan bantuan DPRD PALI namun tidak ada yang mengena di keluarga ini .

Merasa tersisihkan dengan penuh linangan air mata Saroja berani menuturkan prihal keluarganya yang tidak tersentuh program sosial Pemkab PALI kepada Camat Talang ubi kebetulan saat itu ikut memantau penyaluran bantuan Bupati Heri amalindo beberapa waktu yang lalu .

Berkat usahanya dan kemurahan Camat Talang ubi Saroja dan keluarganya akhirnya mendapat bantuan beras dan mie instan , tutur Saroja kepada media ini .

Berkaca dari kejadian ini Pemerintah Kabupaten PALI memang harus berbenah agar tujuan Heri Amalindo untuk membantu rakyat kurang mampu sampai kepada yang membutuhkan bukan pilih kasih karena sentimen sektoral yang dapat mengembosi niat baik pemda PALI .(red)

Print Friendly, PDF & Email

About Mahadaya Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful