Home / Uncategorized / LSM LAKRI Kritisi Kepala Desa Yang Jadikan LSM Tameng Untuk Meligitimasi Tindakan Tidak Profesional

LSM LAKRI Kritisi Kepala Desa Yang Jadikan LSM Tameng Untuk Meligitimasi Tindakan Tidak Profesional

Prabumulih KP / Mahadayaonline.com—Simpang siurnya informasi dari laporan masyarakat mengenai pembangunan inprastruktur desa-desa yang menggunakan DD pusat yang tidak transparan membuat LSM LAKRI Muara enim turun ke lapangan atau turun ke desa desa guna mencari data asli tentang pembangunan yg telah di bangun menggunakan uang rakyat tersebut .

Karena sesuai dengan amanat UU nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggara negara yang bersih dan bebas KKN.dan UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan imformasi publik (KIP )dan UU nomor 31 tahun 1999 sebagai mana telah di robah UU nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.dan peraturan menteri ke uangan no 49/pmk 07/2016 tentang tata cara pengelolan dan penyaluran dan penggunaan. pemantauan dan evaluasi dana desa yang merupakan turunan dari PP nomor 8 tahun 2016 yang merupakan perubahan dari PP nomor 60 tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Namun dalam prakteknya beberapa kepala desa yang ada di 5 Kecamatan di Gelumbang ketika di jumpai untuk di kontrol sosial namun mereka menunjukan tidak kooperatif padahal seraya bilang bahwa kami dan anggota LSM Pose serta LSM SMS ungkap sang kepala desa seperti di sampaikan ketua LSM LAKRI Kabupaten Muara.enim Peri Padli kepada media ini minggu 17/05/20 .

Menjadi anggota LSM untuk di jadikan tameng agar dapat melakukan tindak korupsi maupun tidak transparansi jelas mengancam demokrasi yangbtelah di bangun bangsa ini ,jelas Padli

Selanjutnya Peri Padli mengatakan memang benar ada oknum kepala desa yang menjadi anggota LSM Pose RI dan LSM SMS menurut Peri sudah ada 6 Kecamatan di antarnya Kecamatan Rambang ada empat kepala Desa Saibul Padila ,Kepal desa Baru Rambang Wendra Sugihan Asmanto ,Kepal desa Sugihan iInduk Hardius keoala desa Tanjung Dalam Kecamatan Belido darat. kepala desa Lubuk semantung Talang balai. lubuk getam Darsan dan Miral kaepala desa Sialingan sedangkan untuk Kecamatan Gelumbang satu kepala desa

Sementra itu di Kecamatan Lembak yaitu M Ependi desa Karang endah utara ada lima kepala desa di antaranya kepala desa Alai selatan Lukman.

Sementra itu sekretaris LSM LAKRI Kabupaten Muara enim Mulianto membenarkan adanya oknum kepala desa yang menjadi anggota LSM Pose RI dan LSM SMS mengenai keanggotan kepala desa tersebut ketua LSM LAKRI propinsi sumatra selatan Jumhadi juga membenarkan ada oknum kepala desa yg menjadi anggota LSM Pose .

Menurut UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa yang penyelengaraan pemerintahan desa mengacu kepada pasal 29 hurup G. kepala desa di larang menjadi pengurus pertai politik. sedangkan pada hurup H. kepala desa di larang menjadi anggota dan pengurus organisasi terlarang .pada hurup I. kepala desa di larang merangkap jabatan .pads hurup J. kepala desa di larang terlibat kempanye. pada hurup K. melanggar sumpah pada hurup L.meninggalkan tugas 30 hari masa kerja kepada pihak terkait kami berharap agar bisa memberikan solusi agar kontrol sosial berjalan lancar untuk semua lembaga dan wartawan guna menciptakan pembangunan yang adil dan berguna bagi semua. (teguh )

Print Friendly, PDF & Email

About Mahadaya Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful