Home / Muara enim Area / Pekerja PT SMS Gelumbang Keluhkan Perusahaan Yang Abaikan Hak Pekerja

Pekerja PT SMS Gelumbang Keluhkan Perusahaan Yang Abaikan Hak Pekerja

Gelumbang,KP /Mahadayaonline.com—com. – PT Semesta Mitra Sejahtera ( SMS ) yang bergerak di bidang penggemukan dan pemotongan ayam di desa Sukamenang Gelumbang, Kabupaten Muara enim, diduga telah abaikan hal pekerja dan menyalahi peraturan ketenagakerjaan.

Sebut Malwin (nama: di samarkan )bahwa, ” kami disini pak begawe pegi jam 07.00 wib nah tapi baleknyo itu kadang-kadang dak tentu kadang baleknyo jam 9 malam kadang tuh Ado bae jam 12 malam pak kami balek “, ujar salah satu karyawan.dengan bekerja hampir 29 jam tidak ada kompensasi dari perusahaan ,terangnya .

” Miris lagi tando tangan kontrak kami nih dak di dikasihke salinan Tando tangan kontrak begawe padahal kan biasonyo pas sudah Tando tangan kontrak Ado salinannyo nah ini dak Katek nian pak Samo sekali, jadi kami lah bingung kadang nak ngadu kesiapo “,jadi tidak agreemen sebagaimana di atur dalam UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan beber karyawan.

Padahal merujuk pada aturan yang sesuai dalam undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan bahwa pada pasal 77 ayat 1 undang-undang no 13 tahun 2003 yang berbunyi bahwa mewajibkan setiap pengusaha untuk melaksanakan ketentuan jam kerja karena ketentuan jam kerja ini telah diatur menjadi dua sistem yang pertama bahwa, 7 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam 1 Minggu untuk 6 hari kerja dalam satu minggu terus sistem keduanya adalah, 8 jam kerja dalam 1 hari atau 40 jam kerja dalam satu minggu untuk 5 hari kerja dalam satu minggu.

Untuk poin kedua, permasalahan selain menyalahi aturan jam kerja PT ( SMS ) ini juga menyalahi aturan undang-undang tentang salinan perjanjian kerja yang mana merujuk ke pasal 54 ayat (3) UUK yang berbunyi bahwa, perjanjian kerjasama yang dimaksud dalam ayat (1) dibuat sekurang-kurangnya rangkap dua, yang mempunyai kekuatan hukum yang sama, serta pekerja atau buruh dan pengusaha masing-masing mendapat satu perjanjian kerja.

Dalam hal di atas sudah jelas bahwa PT ( SMS ) ini telah indahkan aturan undang-undang ketenagakerjaan.

Ketika hendak konfirmasi kelapangan pada jumat siang 24 juli 2020 sekitar pukul 13.00 wib, didepan pagar PT ( SMS ) sudah disetop oleh satpam yang bernama Akmal, menurutnya bahwa hari ini lagi libur tidak ada orang kantor yang bekerja, hanya tukang bangunan saja yang bekerja disini dan ditanya siapa pimpinan satpam ini mengatakan tidak tahu.

Manager Humas PT SMS Prahyudi sampai saat ini belum memberi respon terhadap keluhan pekerja ini (teguh)

Print Friendly, PDF & Email

About Mahadaya Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful