Home / PALI RAYA / Konop-Konop MPPDT Pertanyakan Transparansi Normalisasi Sungai Tempirai

Konop-Konop MPPDT Pertanyakan Transparansi Normalisasi Sungai Tempirai

Penukal KP / Mahadayaonline.com—Proyek pembangunan normalisasi sungai Tempirai di desa Tempirai  Kecamatan Penukal utara di nilai tidak transparan penuh kejanggalan sehingga Masyarakat Peduli Pembangunan Desa Tempirai (MPPDT) mempertanyakan hal tersebut .Seperti tertuang dalam surat bernomor: /MPDDT/IX/2020 tertanggal 23 september 2020 .


Adapun prihal surat tersebut adalah tanggapan atas pelaksanaan proyek normalisasi sungai Tempirai  di Desa Tempirai selatan .

Proyek yang menggunakan dana APBD Kabupaten PALI tahun 2020 dengan pagu hour 1.5 Miliar tersebut awalnya  tanpa papan nama proyek namun setelah di desak warga akhirnya kontraktoremasang papan proyek .

Namun dalam pelaksanaanya CV Cahaya selaku kontraktor pekerjaan tidak menyediakan  dokumen GB teknik dan dokumen AMDAL .

Oleh karna itulah MPPDT melayangkan surat ke Dinas PU Bina Marga Kabupaten PALI dan surat tersebut  di tanda tangani langsung ketua umum MPPDT Subianto SE SH.dan Sekretaris Eko Marhen Hasim .

MPPDT meminta Dinas PU Bina marga Kabupaten PALI untuk meminta pejelasan terkait papan nama , dokumen teknik dan Dokumen Amdal , itu karena sesuai nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan informasi publik (KIP) terutama pasal 4 ayat 1 .selanjutnya Dinas PU Bina marga Kabupaten PALI sebagai penanggung jawab anggran tersebut wajib menyediakan Informasi rencana kerja proyek di dalamnya perkiraan pengeluaran an tahunan badan publik sesuai amanat pasal 11 ayat 1 huruf a (kontraktor) UU KIP .
Karena apabila mengabaikan aturan tersebut pengguna anggaran atau pelaksana kerja (Kontraktor ) dapat di sangsi sesuai pasal 52 UU KIP pelanggar dapat di kenakan sangsi kurungan 1 tahun atau denda 5 juta rupiah, jelas Subianto di hubungi via pesan whatshap  ketua umum MPPDT kepada media ini .

Hasil investigasi media ini ke lokasi pasca di laporkan MPPDT plang proyek normalisasi sungai Tempirai sudah di pasang namun plang proyek tersebut  terkesan asal jadi dan seperti mempermainkan warga karena dalam plang proyek juga tercantum anggaran 1 , 483 , 499 ribu dan tidak ada nomor kontrak proyek “ dari plang proyek saja sudah terkesan main-min ujar Mardi warga Tempirai .

Bukan itu saja saat pelaksanaan pekerjaan pemerintah Desa Tempirai selatan belum menerimah dokumen Teknik maupun AMDAL yang dari PPTK “ belum menerima berkas AMDAL ataupun dokumen teknis dari kontraktor , jeas Safikal Usman Kepala desa Tempirai di konfirmasi media ini.
Namun Kepala desa Tempirai berterimah kasih atas di laksanakan normalisasi ini .

Proyek normalisasi sungai Tempirai banyak menuai protes warga masyarakat karena di nilai warga tidak tranpsaransi dan cenderung konop-konop (diam-diam) .

Sementara itu Okta dari CV Cahaya selaku pelaksana proyek di konfirmasi mengatakan pihaknya hanya mengerjakan proyek Pemda PALI selebihnya tanggung jawab pengguna anggara jelasnya .(red)

Print Friendly, PDF & Email

About Mahadaya Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful