Home / PALI RAYA / Pemilihan BPD PALI Di Laksanakan Dengan Musyawarah Perwakilan Maksimal 30 Orang

Pemilihan BPD PALI Di Laksanakan Dengan Musyawarah Perwakilan Maksimal 30 Orang

Kabid pemdes DPMD PALI Rizal Pahlevi AP. MSi

Talang ubi KP /—KP /Mahadayaonline.com—Pemilihan BPD Kabupaten PALI di laksanakan secara musyawarah perwakilan .Dengan melibatkan toko masyarakat ,agama pemuda dan elemen masyarakat termasuk keterwakilan perempuan dengan maksimal pemilih sebanyak 30 orang ,demikian Rizal Pahlevi Kabid pemberdayaan masyarakat desa DPMD Kabupaten PALI mewakili kepala DPMD A Gani ,Senin 1 Januari 2021.

Hal tersebut mengacu pada surat edaran Mentri dalam negeri nomor : 440/52/SJ tertanggal 5 Januari 2021.pemilihan BPD di masa pandemi covid 19 . Pemilihan anggota BPD di laksanakan dengan dua mekanisme ,bunyi surat edaran tersebut sebagai berikut .

A. Bagi desa /Kabupaten yang termasuk dalam zona hijau ,kuning boleh melakukan dengan cara langsung dengan memperhatikan prokes Corona 19 .

B . Desa /Kabupaten yang termasuk zona Merah atau orange maka pelaksanaan pemilihan BPD harus dengan mekanisme musyawarah perwakilan dengan melibatkan Satgas Covid 19 Kabupaten .

Karena Kabupaten PALI pada zona orange artinya Kabupaten PALI pelaksanaan pemilihan BPD di lakukan dengan Musyawarah perwakilan tidak dengan cara pemilihan langsung keterwakilan Kepala Keluarga (KK) seperti kemarin ,ungkapnya

Pemilihan dengan perwakilan tersebut di atur perda PALI nomor 4 tahun 2019 tentang tata cara pemilihan BPD ,terutama pasal 10 ayat dua pemilih berjumlah paling banyak 30 dengan memperhatikan keterwakilan toko agama ,masyarakat ,pemuda dan perempuan .jelasnya

Selanjutnya dalam menentukan pemilih yang berjumlah maksimal 30 orang Pemerintah desa melaksanakan Musyawarah yang di hadiri panitia Pemilihan BPD , toko masyarakat ,toko agama  dan tentunya pemerintah desa .

Dalam musyawarah tersebut setiap keputusan di utamakan musyawarah mufakat dan apabila terjadi selisih pendapat boleh dengan melalui voting untuk menentukan pemilih yang berjumlah maksimal 30 orang ,urai Rizal Pahlevi .

Masih menurut Rizal Pahlevi pemilihan BPD di laksanakan secepatnya di bulan Januari ini namun waktunya di tentukan oleh Camat masing-masing yang desanya melakukan pemilihan BPD ,pungkas Rizal Pahlevi (red)

Print Friendly, PDF & Email

About Mahadaya Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful