Home / SUMSEL / Di Duga Proyek Fiktif Pompanisasi Desa Tanjung Baru Dinas Pertanian Banyuasin Rugikan Negara 840 Juta

Di Duga Proyek Fiktif Pompanisasi Desa Tanjung Baru Dinas Pertanian Banyuasin Rugikan Negara 840 Juta

Sarjono Kabid Pertanian Dinas Pertanian Holtikultural Banyuasin

Banyuasin KP/Mahadayaonline.com—Proyek fiktif Program Selamatkan Rawa Sejahterakan petani (Serasi) Kabupaten Banyuasin di duga telah rugikan negara hampir 1 Miliar menjadi ladang adalah program dari pemerintah pusat. Yang bertujuan untuk optimalisasi lahan yang terintegrasi dengan upaya peningkatan taraf hidup petani melalui bantuan pengembangan sistem irigasi di lahan rawa dan komoditas pertanian/peternakan hanyalah kedok semata seperti hasil investigasi beberapa media keterangan pejabat terkait di Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin .

Pengadaan mesin pompa air sebanyak 20 unit dan pembanguan pintu air untuk persawahan di desa Tanjung baru Kecamatan Muara Padang tahun 2019 sampai saat ini belum terealisasi .Padahal dana untuk proyek tersebut telah di SPJ kan sebesar 840 juta oleh Dinas Pertanian.

Menurut Uyun kepada media ini selaku ketua UPPK (Unit Pelaksana Kegiatan Kelompok). UPKK Desa Tanjung Baru menerima dana sebesar 540.juta rupiah untuk pembelian 20 unit pompa air dari program Serasi ini .Namun Ateng selaku konsultan dalam proyek tersebut mengatakan telah memesankan untuk UPKK Desa Tanjung Baru karena saling percaya uang sebanyak 540 juta tersebut di serahkan kepada Ateng melalui Pathu dan Yogi di posko milik Ateng di Makarebet Palembang yang di saksikan langsung Bendahara UPKK Mustopa dan Ateng ” kami percaya saja pak ” jelasnya

Kejadian tersebut sekitar bulan Juli 2019 saya lupa tanggal pastinya ,ungkap Uyun .
Masih menurut Uyun bersama Mustopa sebelum menyerahkan dana sebesar 540 juta tersebut sudah berkoordinasi dengan Sarjono Kabid Pertanian Dinas Pertanian holtikultural Banyuasin ” ya makanyo kami serahkan ,jelas Hayun .

Zainuddin selaku kepala dinas pertanian.
Pathu Rahman dan Yogi anak buah Ateng yang menerimah Uang pembelian Mesin Untuk pengairan ke sawah petani Desa Tanjung Baru kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin.

Saat kami tanyakan hal tersebut kepada Ateng maupun Sarjono meraka menjawab semua dalam proses pengiriman nanti juga datang ,ungkap Hayun yang di dampingi Mustopa .
Namun sampai akhir tahun 2019 bahkan 2020 ini mesin pompa air berikut 10 pintu air yang di janjikan akan di bangun belum di realisasikan total semuanya mencapai 840 juta , tambah Uyun

Saat hal tersebut di konfirmasi kepada Zainudin ST Msi kepala Dinas Pertanian dan Holtikultural Kabupaten Banyuasin mengatakan SPJ dari bantuan tersebut sudah cairkan oleh UPKK tahun 2019 kemarin .jelas tapi kepastian nanti kita cek ke lapangan .

Dinas Pertanian Holtikultural setelah melakukan pengecekan memang tidak ada proyek bantuan mesin dan pintu air seperti SPJ yang telah di buat oleh karna itu Dinas Pertanian Holtikultural melaporkan temuan tersebut ke Inspektorat .

Inspektorat sampai berita ini di turunkan belum menindak lanjuti temuan proyek fiktif program Serasi program bantuan pusat yang kelola Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin .

Dugaan kuat telah terjadi kongkalingkong atau sindikat korupsi berjamaah masif sistematis di Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin Program Serasi merupakan program peningkatan lahan pertanian .kami akan berkoordinasi Kementrian pertanian pusat , Kejati maupun pihak terkait sambil mengumpulkan bukti untuk agar masalah yang merugikan rakyat ini terbongkar ,jelas Pidin Charles Oteh dari NGO LSM Amphibi Sumatera Selatan saat di mintai tanggapan atas peristiwa ini .(bakri-crew)

Print Friendly, PDF & Email

About Mahadaya Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful