Home / Muara enim Area / BUMDES Desa Jambu Gelumbang Rentan Di Korupsi Warga Desak Kepala Desa Pertegas Kepengurusan

BUMDES Desa Jambu Gelumbang Rentan Di Korupsi Warga Desak Kepala Desa Pertegas Kepengurusan

Gelumbang KP / Mahadayaonline.com–Hasil usaha BUMDES Desa Jambu Kecamatan Gelumbang sudah beberapa tahun belum di publish ke masyarakat warga pertanyakan kinerja Kepengurusan BUMDES  desa Jambu.

Hasil penelusuran media ini usaha Bumdes Desa Jambu di antaranya penyewaan   tenda ,alat pelaminan Prasmanan briling  korsi dan usaha penagihan restribusi Kalangan dan lainya .

Sampai saat ini belum ada kejelasan padahal alokasi dana Desa yang di peruntukan modal BUMDES tersebut mencapai ratusan juta rupiah yang bersumber dari dana Desa Jambu .

Ini kami pertanyakan karena BUMDES menggunakan uang rakyat yang di peruntukan untuk kesejahtreran rakyat. ” terang salah seorang warga Desa Jambu

Telusur media ini kepengurusan BUMDES Desa Jambu ada yang berasal dari aparatur desa bahkan BPD Desa jelas hal tersebut telah menyalahi Permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang BPD terutama pasal 26 .

Dalam Permendagri tersebut jelas di sebutkan BPD hanya pengawas .Dan BPD tidak boleh ikut mengelola BUMDES .

Fakar hukum tata negara Idhamsyah apabilah BPD ikut mengelola jelas terjadi selingkuh yang di rugikan rakyat jelasnya seperti di kutif di laman Lava.com maka akan termasuk pelanggaran dari 9 larangan bagi anggota BPD .sedangkan pada peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2015 pasal 132 ayat 6 dan 7 yang menjelaskan pengurus BUMDES tidak boleh merangkap jabatan dalam melaksanakan pungsi  lembaga pemerintahan desa.larangan rangkap jabatan juga berlaku bagi BPD desa. Sekdes ,Kaur.Kasi.Kadus.LPM ,atau jabatan aparatur desa lainya. tidak boleh perangkat desa dan BPD menjadi pengurus Bumdes .

Masih menurut WL warga desa Jambu dirinya dan banyak warga Jambu lainya mengharapkan transparansi Pengelola juga Pemerintah Desa melakukan reorganisai kepengurusan Bumdes supaya  kedepanya ada peningkatan .jelasnya .

Hal tersebut di dukung beberapa orang warga Desa Jambu lainya masih menurut warga desa jambu BS dia berharap agar hasil dari usaha BUMDES pertahunya di umumkan kepada masyarakat  agar  tidak timbul  polemik  dia juga  sangat berharap agar kepengurusan bumdes di ganti ..`di tengah majunya teknologi yg di kuasai anak muda era sekarang.ada baiknya jika  kepengurusan BUMDES di serah kan kepada generasi muda .jelasnya .

Saat hal tersebut di komfirmasi kepada mantan ketua Bumdes Desa Jambu Gunawan.dia pernah menjadi ketua pada zaman kepala desa Mulyadi almarhum kedepankan transparansi tapi belakangan hal tersebut tidak nampak , imbuhnya

Sementara itu Pahrul pjs Kepala Desa Jambu minggu 06/06/21 dia menjelaskan  bahwa BUMDES di desa jambu saat ini masih di ketuai sdr. Gunawan .  Berdasarkan SK. bendahara Sutrisno dan belum ada yang di rubah dan belum bisa di ganti.jelasnya.

saat ini mempunyai unit unit usaha yang masing masing unit ada yang mengurusinya salah satunya Briling yang di kelola oleh sdri Laura .dan kursi tenda , Yabani.dan hasil dari usaha tersebut di masukan kepada kas desa yg menjadi PAD desa Jambu terangnya

Investigasi media di lapangan Kepengurusan BUMDES Desa Jambu belum jelas karena meninggalnya Mulyadi Kepal Desa sebelumnya .Sehingga Pokja usaha BUMDES menyetor PAD sendiri-sendiri sehingga rentan terjadi korupsi dan lainya . (T)

Print Friendly, PDF & Email

About Mahadaya Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful